banner web pa martapura

on . Hits: 72

 

 WhatsApp Image 2020 08 27 at 09.20.20

Pimpinan PA Martapura hadiri Seminar Nasiona Ekonomi Syariah

Rabu, 26 Agustus 2020 Ketua Pengadilan Agama (PA) Martapura beserta Hakim, Panitera dan Sekretaris menghadiri Seminar Nasional Ekonomi Syariah yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) MA-RI bekerjasama dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia bertemakan Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah yang berkeadilan di Indonesia. Seminar berlangsung secara virtual bertempat diruang Media Center PA Martapura. Anjuran mengikuti seminar nasional oleh PA Martapura berdasarkan Surat Edaran Dirjen Badilag Nomor 3019/DjA/HM.00/8/2020 Tanggal 21 Agustus 2020 tentang pelaksanaan Seminar Nasional Ekonomi Syariah.

Seminar Nasional ini menghadirkan para pembicara yaitu Wakil Presiden RI/Ketua Dewan Syariah Nasional, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin, Ketua Mahkamah Agung RI, Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., Ketua Mahkamah Agung RI 2012-2020, Prof. Dr. H.M. Hatta Ali, S.H., M.H., Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Amran Suadi, S.H., M.M., M.Hum., Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional, Prof. Dr. Jaih Mubarok, S.E., S.H., M.Ag. dan dari Otoritas Jasa Keuangan, Dr. Setiawan Budi Utomo.

 WhatsApp Image 2020 08 26 at 08.44.53 1

Pimpinan PA Martapura menyaksikan Seminar Nasional Ekonomi Syariah

Seminar Nasional dibuka langsung oleh Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. Dalam Sambutannya Dirjen Badilag sebagai Ketua panitia Penyelenggara menyampaikan Kegiatan seminar ini terselenggara atas kerjasama Ditjen Badan Peradilan Agama dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia yang bertujuan diantaranya;

  1. Meningkatkan Kapasitas para hakim peradilan Agama dalam mengadili sengketa ekonomi syariah.
  2. Menyamakan persepsi atas penerapan hukum ekonomi syariah.
  3. Meningkatkan pengetauan dan wawasan para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan ekonomi syariah di Indonesia.
  4. Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap peradilan agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah.
  5. Mensosialisasikan ekonomi syariah dan prospek penerapan hukum kepailitan syariah di Indonesia.

Ketua Mahkamah Agung RI sebagai pembicara utama menyampaikan beberapa hal penting terkait kebijakan Mahkamah Agung dalam mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan di bidang ekonomi syariah. Sepanjang 2019 Mahkamah Agung telah melakukan berbagai reformasi terkait dengan kemudahan berusaha, antara lain Pertama, penyempurnaan kerangka hukum pengadilan elektronik melalui Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik yang menggantikan Perma Nomor 3 Tahun 2018, Kedua, Pengesahan Perma Nomor 4 Tahun 2019 tentang Prosedur Gugatan Sederhana. Ketiga, Pelatihan yang mendukung Kemudahan Berusaha. Adapaun dampak dari kebijakan Mahkamah Agung yaitu dari 308 perkara ekonomi syariah yang ditangani oleh Hakim pengadilan tingkat pertama pada tahun 2019, 168 perkara atau 54,54 % di antaranya diajukan dalam bentuk gugatan sederhana.

 WhatsApp Image 2020 08 26 at 09.41.08

Ketua Mahkamah Agung RI sebagai pembicara utama

Seminar nasional ini menyedot perhatian dan minat dari Jajaran Pimpinan PA Martapura yang menyaksikan melalui aplikasi zoom meeting karena dengan terselenggaranya seminar nasional ekonomi syariah maka memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah. (UHS)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Martapura

Jl. Merdeka No.002 kelurahan Pasar Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan

Telp: (0735) 4840235 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright TIM IT PA Martapura OKU Timur @2019